thanks for visiting,come back soon for more:)

Senin, 14 Januari 2019

Tips Cepat Belajar Bahasa Inggris


9 cara cepat belajar bahasa Inggris berikut:
  1. Mulai dari materi yang paling gampang,
  2. Jangan menghapal kosakata tapi fokus pada kalimat,
  3. Grammar sebagai cara cepat belajar bahasa Inggris,
  4. Cara cepat belajar bahasa Inggris dengan Listening,
  5. Perbanyak latihan membaca alias Reading,
  6. Berpikir dalam bahasa asing dan praktek berbicara,
  7. Writing sebagai cara cepat belajar bahasa Inggris,
  8. Buka koneksi dan jaringan seluas-luasnya, dan
  9. Gali alasan dan tetapkan tujuan belajar bahasa asing.
Simak penjelasan satu per satu cara cepat belajar bahasa Inggris selengkapnya yuk.

1. Mulai dari materi paling gampang dulu. Jangan pernah malu jika nanti kamu emang perlu materi setingkat SD.

Eits, jangan sampai ada pikiran meremehkan sebuah materi dasar ya. Jika kamu emang mulai dari level beginneralias pemula, ya terima saja. Jangan pernah hilang pede karena harus bawa buku setingkat SD walaupun kamu udah gede.
Hal ini paling sering membuat seseorang gagal. Malu memulai dari tahap pemula. Dan malu jika harus belajar dari alphabet. Malu membaca dongeng serta cerita anak. Pokoknya, pengennya bisa tapi nggak mau mulai dari level pemula.
Mudah-mudahan kamu bukan salah satu dari kelompok pemalu itu ya.
So, mulai dari materi dasar dulu. Misalnya belajar tenses bisa berawal dari Simple Present Tense. Bahkan materi SD harusnya nggak jadi masalah. Mengenal alphabet bisa sangat membantu meningkatkan keterampilan berbicara. Kosakata dari mendengar/membaca cerita anak akan membuat pengetahuan dan keterampilanmu meningkat pesat.
Selalu ingat hal ini: level beginner itu bukan hal memalukan. Semua ahli berawal dari level pemula. Di level ini semangatmu akan diuji. Apakah kamu akan menang ?

2. Jangan Menghapalkan Kosakata. Mengapa??? Ini alasannya beserta hal yang sebaiknya kamu lakukan.

Ada yang kasih cara cepat belajar bahasa Inggris dengan cara menghapalkan beberapa bahkan puluhan kosakata setiap hari. Hm… efektif nggak ya??? Menurut pengalaman saya saat belajar sebuah bahasa asing, yang seharusnya dilakukan bukanlah menghapal kosakata.
Kita nggak akan pernah mahir berbahasa Inggris jika hanya menghapal kosakata saja. Mengapa???
Coba jawab pertanyaan berikut: Apa diperlukan saat percakapan? Kosakata, frase atau kalimat?
Saat berdialog dengan seseorang, misalnya bule, kita lebih banyak memerlukan kalimat. Ya, mungkin terkadang perlu frase atau kosakata. Hanya terkadang saja. Untuk pemula tentu kita pelajari kalimat sederhana seperti kalimat Simple Present Tense.
Apa menghapal kosakata itu salah??? Eits, saya nggak bilang cara belajar bahasa Inggris seperti itu salah ya. Kalau tujuannya lulus tes besok, ya mungkin cara ini paling cepat. Tapi kalau tujuanmu untuk mahir berkomunikasi, belajar dengan cara menghapal kosakata bukanlah cara efektif.
Trus gimana donk???
Gunakan kosakata-kosakata yang udah dipelajari untuk membuat kalimat sederhana. Kemudian berlatih untuk mengucapkan kalimat tersebut berulang-ulang.
Masih belum nangkep maksudnya???
Oke, contoh sederhananya gini. Misal kita udah belajar materi dasar seperti salam, perkenalan, angka. Juga beberapa kata sifat (Adjective) seperti handsome, beautiful, fat, slim.
Kemudian mempelajari tentang family seperti father, mother, sister, brother, grandmother, grandfather, uncle, aunty. Agar lebih cepat menguasai bahasa Inggris, fokus pada beberapa kosakata saja dulu. Kemudian susun kalimat sederhana menggunakan kata-kata tersebut.
Misalnya:
  • I have a father. My father is fat.
  • I have a mother. My mother is slim.
  • I have two sisters. My first sister’s name is… Her name is… My sisters are beautiful.
  • I have one brother. My brother’s name is… My brother is handsome.
Itu hanya contoh sederhana. Kalau bisa bikin kalimat menggunakan kosakata lebih banyak, ya silahkan. Asal jangan kebanyakan karena kamu akan berlatih mengucapkannya tanpa melihat teks. Sekali lagi, kamu akan berlatih mengucapkannya tanpa teks.
Oleh karena itu fokus pada beberapa kosakata saja. Gunakan kosakata tersebut dalam kalimat sederhana. Kemudian berlatih mengucapkannya tanpa teks. Bukan menghapal! Tapi mengucapkan serta memahami makna kalimat tersebut.

3. Kamu benci materi grammar? Oh, sayang sekali. Padahal ini adalah salah satu cara cepat belajar bahasa Inggris.

Benarkah grammar sedemikian pentingnya? Oh, bukan penting lagi. Tapi sangat sangat penting. Tanpa grammar, bahasa Inggrismu jadi kacau.
Grammar atau tata bahasa itu memiliki fungsi sama dalam bahasa Indonesia. Bisa bayangkan sebuah kalimat tanpa tata bahasa? Biar lebih jelas coba kita perhatikan kalimat di bawah:
  1. bahasa Inggris saya tahun belajar mulai lalu.
Bisakah kamu paham kalimat tersebut? Seperti kalimat acak, kan? Jika kata-katanya kita susun sesuai tata bahasa Indonesia yang sesuai menjadi:
  1. Saya mulai belajar bahasa Inggris tahun lalu.
Kalimat mana lebih gampang dipahami, kalimat pertama atau kedua? Kalimat pertama tata bahasanya “suka-suka gue” atau kalimat kedua dengan tata bahasa sesuai?
Jadi, kita mengerti sekarang mengapa grammar alias tata bahasa sangat penting dipelajari. Kita seharusnya belajar untuk menyukai grammar. Mengapa? Karena penguasaan grammar memberi kita pengetahuan tentang cara berkomunikasi secara efektif.

4. Cara cepat belajar bahasa Inggris dengan Listening: Tonton video atau film, dengarkan audio, Pokoknya mesti banyak berlatih mendengar!


Semoga bermanfaat^^
Saya mendapatkan artikel dari sumber di bawah ini; bagi yang berkenna silahkan berkunjung. Website tersebut membuat artikel pengetahuan Bahasa Inggris.

sumber: https://englishcoo.com

Tidak ada komentar:

To Top Page Up Page Down To Bottom Auto Scroll Stop Scroll